Tidak tampak..bukan berarti tidak ada..

Sunday, November 08, 2009

Makna dibalik Nama

Ternyata cari nama itu gampang-gampang susah. Proses pemberian nama untuk anakku sempet bikin bingung aku, karena dari beberapa pilihan nama hanya satu yang bisa diterima sama semua anggota keluarga. Alasan penolakan nama-nama yang diajukan cukup beragam: ndeso lah, pasaran (suami sempet ngecek nama yang dipilih di google..karena dia ngerasa namanya terlalu pasaran, jadi ga mau anaknya mengalami nasib yang sama, hehe), ga sreg, kedengeran aneh dikuping, ada kenalan mereka yang punya nama itu bandelnya ga ketulungan/brengsek/dll. Beberapa hari menjelang kelahiran sempet panik belum nemu nama, akhirnya ketika kusodorkan nama Fulki Athhar Taqwim baru bisa diterima. Alhamdulillah..

Kenapa namanya pake bahasa arab? Karena buku nama-nama yang banyak ditoko diambil dari bahasa arab, jadi punya banyak sampel nama, hehe..Sebenernya ga pake bahasa arab juga gapapa, yang penting artinya bagus, karena nama itu nunjukin harapan orang tua yang sekaligus doa buat si anak. Suami sempet ngusulin pake bahasa sansekerta, tapi aku kurang sreg dengan contoh nama yang dia ajuin (mungkin karena aku cukup asing dengan bahasa itu ya).

Jadi, apa arti dari Fulki Athhar Taqwim? Ok, diliat dari kata perkata dulu..
Fulki artinya bahtera/kapal..ngerujuk ke Q.S 2:164 yaitu kapal yang berlayar dilaut dengan muatan yang bermanfaat bagi manusia..harapannya dia menjadi sebaik-baik hamba, yaitu yang bermanfaat bagi yang lain juga, bukan hanya baik untuk diri sendiri..
Athhar artinya lebih bersih/suci..Setiap bayi pasti punya potensi yang berbeda-beda, tapi ada satu kesamaan dari bayi-bayi tersebut: hati yang suci/bersih, dan kebersihan hati inilah yang harus dijaga sepanjang hidupnya...dengan nama ini harapannya dia menjalani hidup dengan bersih, sehingga ketika kembali pada-Nya dia memiliki hati yang lebih bersih dibandingkan saat bayinya..emang bisa, hati lebih bersih daripada saat bayi??bisa..dengan potensi akal yang dimiliki, manusia bahkan bisa lebih baik daripada malaikat
Taqwim. Menurut tafsir Al-Misbah karya Quraish Shihab di surat at-Tin, kata taqwim berakar dari kata qawama, yang darinya terbentuk kata qa’imah, istiqamah, aqimu dan sebagainya, yang keseluruhannya menggambarkan kesempurnaan sesuatu sesuai dengan objeknya. Kata taqwim dalam nama ini sebagai isyarat tentang keistimewaan dia sebagai manusia, yaitu akal, pemahaman, dan bentuk fisik. Jadi taqwim disini berarti bentuk fisik dan psikis yang sebaik-baiknya, yang menyebabkan dia sebagai manusia dapat melaksanakan fungsinya (:beribadah pada Allah) sebaik mungkin..

Makna nama Fulki Athhar Taqwim secara utuh: Kesempurnaan fisik dan psikis yang digunakan sebaik mungkin sehingga menjadikan dirinya semakin bersih/suci dan juga bermanfaat bagi lingkungannya..amin ya Rabbalalamin

2 comments:

Whiemp said...

Mau minta izin nih.. bolehkan namanya diambil buat calon bayi aku? soalnya, aku sangat suka nama ini, suka dengan artinya, nama blakangnya juga pas nama aku TAQWIM..

Bolehkan mbak??? Thanks for ur attention...
Salam Kenal TAQWIM

Noviani Arifina said...

salam kenal juga mbak :) maaf niy baru cek blognya lagi. wah, senangnya ada yang suka sama nama ini. Boleh saja, mudah2an anak-anak kita sesuai dengan harapan/doa dari orang tuanya. amiin