Tidak tampak..bukan berarti tidak ada..

Sunday, May 31, 2009

Membuka Aib Sendiri

Lagi keinget sama nasehat temen, dia bilang gini:
"Jangan ngebuka aib kita yang udah Allah tutupin untuk kita"
Kalau dipikir-pikir, sebenernya Allah udah sangat baik..begitu banyak keburukan kita yang udah Dia tutupi selama ini sehingga kita masih bisa "punya muka" untuk tampil di depan umum. Terbukanya aib seseorang lebih dikarenakan kecerobohan/kesalahan orang tersebut, misalnya:
1. Dia ga bisa ngejaga mulutnya sendiri untuk ga cerita aibnya ke orang lain
2. Dia udah ngerasa aman karena selama ini aibnya tertutupi. Rasa aman ini ngebuat orang tersebut terus melakukan/memelihara aib itu, bukannya berusaha untuk meninggalkan dan memperbaiki diri. Intensitas yang tinggi untuk ngelakuin aib itu yang menyebabkan peluang untuk diketahui orang lain semakin besar. Awalnya ga ada orang lain yang tau, setelah beberapa lama jadi beberapa gelintir orang yang tau..pada tahap ini seharusnya bisa dijadikan warning untuk introspeksi diri dan berubah sebelum aib itu terbongkar dan berkembang menjadi rahasia umum.. Kalau dah jadi rahasia umum gimana??hmm, sebaiknya sadar diri bahwa kesalahan terbesar itu dari diri sendiri jadi ga nyalahin orang lain apalagi nyalahin Allah.

Begitu banyak kehancuran yang disebabkan oleh kesalahan manusia sendiri..Allah dengan Kasih Sayang-Nya udah ngasih petunjuk, batasan dan peringatan agar hamba-Nya tidak terjerumus pada kehancuran, namun begitu sedikitnya kita bersyukur dan mengambil pelajaran. Wallahu'alam bis showab.

No comments: