Tidak tampak..bukan berarti tidak ada..

Tuesday, June 05, 2007

Kisah dan hikmah

Jika saya memegang selama 1 menit

Pada saat mengajar murid2nya, seorang guru yang bijak mengangkat segelas air dan bertanya kepada murid-muridnya
Guru : "Seberapa berat menurut kalian segelas air ini?"
Siswa: "200 - 500 g guru"
Guru : "Ini bukanlah masalah berat absolutnya, tapi tergantung berapa lama kamu memegangnya. Jika saya memegangnya selama 1 menit, tidak
ada masalah. Jika saya memegangnya selama 1 jam, lengan saya akan sakit.Dan jika saya memegangnya selama 1 hari penuh, mungkin kalian harus membawa saya ke rumah sakit"
  • Berat sebenarnya sama, tapi semakin lama memegangnya, maka bebannya akan semakin berat. Jika kita membawa beban kita terus menerus, lambat laun kita tidak akan mampu membawanya lagi. Beban itu akan meningkat beratnya
  • Apa yang harus kita lakukan? Letakan gelas tersebut, istirahatlah sejenak. Luangkanlah waktu untuk mengumpulkan tenaga sebelum mengangkatnya lagi
Diambil dari buletin tafakuran, edisi 20.

No comments: